Tuesday, July 22, 2008

haRi rabUu...bermain-main dengan Fedora 8

akHhh,,hari rabu adalah hari yang sangat paling saya tidak suka..
banyak kejadian pahit dan buruk yang terjadi di hari rabu..duhhh,,jadi curhat colongan nih..
hhehee..

Hari Rabu, 23 Juli 2008 Jam 9 pagi:
saya pergi disuruh nyokap saya untuk bayar kreditan mobil..lalu saya pergi dan setiba di permata bank saya ambil slip setoran dan saya dapat nomor tunggu urutan ke 29..wew,,masi lama...Sembari menunggu,,saya buka HP saya dan saya log-in ke yahoo messenger di HP saya dengan menggunakan kartu berwarna hitam ( ga blh promosi ) dgn biaya 10.000 per bulan.

Setelah log-in,,,dan yes...my friends banyak yg online,,langsung saja saya bicara sama seseorang yang nicknya ga mau di sebutin disini ( why??kali2 u bisa jadi terkenal ) hehehe..^^
Awalnya c ngomong basa-basi,,tapi tiba-tiba dia ngomong soal komputer.. Wah,,mulai hangat nih.. Dia bertanya sama saya tentang File security di Fedora 8,,,setelah panjang bicara akhirnya dia mengerti..nah,,saya mau berbagi hasil pembicaraan saya dengan teman saya... yang disini versi lengkapnya ( kalau di YN langsung intinya )

Jadi gini,,file security dalam Fedora 8 :


Linux mengenal 3 jenis hak akses file, yaitu :
1. read (r) : Account yang memiliki akses read ke suatu file akan dapat membaca isi file tersebut, misalnya dengan perintah cat. Biasanya dapat dilihat direktorinya dengan perintah ls
2. write (w) : Account yang memiliki akses write ke suatu file akan dapat mengedit maupun menghapus file tersebut.
Oleh karena itu hati-hatilah dengan hak Write terhadap direktori karena bisa saja di hapus oleh orang lain.
3. x (execute) : dapat menjalankan file tersebut.
kayaknya kurang ngerti deh kalau ga langsung lihat prakteknya,,,,oke :

# cp -r /usr/bin/id ./idsaya
# ls -l
total 162152
-rwxr-xr-x 1 root root 15900 Jul 23 13:50 idsaya

1. -rwx dan root ( yang di tebalin ) adalah User Owner
2. r-x ( yang miring ) dan root adalah Group Owner
3. r-x ( yang tulisan biasa ) adalah other oowner.

jadi gini :
- User Owner dari file idsaya adalah user root. User Owner ini ditentukan otomatis oleh sistem berdasarkan
identitas account yang membuuat file tersebut ( dalam hal ini saya adalah root ).
Sebagai user owner, user root mempunyai hak akses rwx ( read,write,execute ). Karena punya hak write,berarti
root memiliki hak untuk menghapus idsaya.
- Group Owner dari file idsaya adalah group root. Hak akses grup root thdp idsaya adalah r-x (read dan execute )
- Other Owner adalah account lain yang ada di sistem.

okay,,pembukaan cukup. Next :
Mengubah Kepemilikan File
dapat digunakan syntax chown ( harus dalam posisi root )
# chown userownerbaru file_atau_direktori


Account biasa yang merupakan user owner dari suatu file hanya bisa melakukan penggantian group owner, namun pemindahan ini juga hanya boleh dilakukan ke group-group yang user itu sendiri merupakan anggota. Sintaks chgrp untuk ini adalah :

bt ~ # chgrp groupownerbaru file_atau_direktori

Kita juga bisa mengganti user owner dan group owner secara sekaligus dengan perintah :
# chown userownerbaru:groupownerbaru file_atau_direktori

dicoba praktek ya dirumah,,kalau di taruh disini bisa kepanjangan.

Mengubah Hak Akses File


hmmm,,,nih saya kasih tabelnya..
Hak Akses : - - - mempunyai Representasi Biner : 000 dan Desimal/Oktalnya : 0
Hak Akses : - - x mempunyai Representasi Biner : 001 dan Desi............ : 1
Hak Akses : - w - mem......................... : 010 dan Desi............ : 2
Hak Akses : - w x mem......................... : 011 dan Desi............ : 3
Hak Akses : r - - mem......................... : 100 dan Desi............ : 4
Hak Akses : r - x mem......................... : 101 dan Desi............ : 5
Hak Akses : r w - mem......................... : 110 dan Desi............ : 6
Hak Akses : r w x mem......................... : 111 dan Desi............ : 7

nah,,kini kita bisa dong merubah hak akses suatu file.

# ls -l
total 25
-rw-r--r-x 1 voldemort root 22780 2008-07-23 idsaya
# chmod 764 idsaya
# ls -l
total 25
-rwxrw-r-- 1 voldemort root 22780 2008-07-23 idsaya

ngerti kan??sepp..

sebenanya dalam file security linux masi banyak lagi,,tapi segitu dulu d karena nama saya sudah dipanggil sama bankteller ( eh,,nomornya deh )..cantik nian bankteller permata bank..
ok,,tha2

No comments: