Saturday, August 16, 2008

Wireless ooo wireless....

phuff,,akhirnya sempat ngepost lagi...setelah masuk kuliah jadi jarang online nih,,malah ada masalah lagi tentang camping..huhuuuhuh...weqs,,kok jadi curhat colongan??hahahaha..^^

kira-kira 6 hari yang lalu kalau ga salah hari selasa jam 17.00 saya di telpon sama kawan saya di daerah cinere ( jakarta selatan pinggiran ) ;p untuk membantu dia dalam menjalankan wirelessnya di Backtrack 2 dia... setelah saya sampai kira-kira jam 18.29 langsung diajak pergi lagi ke PIM ( dengan maksud nguji wi-fi ),,saya iya aja,,toh dia yg ngajak.. Setelah sampai di PIM langsung saya menuju hot-spot dan saya dibelikan makanan ( padahal saya ga minta loo.. ),,kemudian dia menyalakan laptopnya dan seperti biasa,,masukkan username dan password... setelah memasukkan password,,muncul lambang nvidia yang seakan-akan menyambut kita..hehehe..^^ dan langsung saya nyalakan wirelessnya dan memang ternyata wlannya tidak jalan..langsung coba saya periksa dengan ketik :
# iwconfig
lo no wireless extensions.

eth0 no wireless extensions.


yup,,memang wlan0 tidak ada..langsung saya teringat dulu saya pernah settingin punya teman juga dan referensinya dari blog seseorang bernama Bryan ( orang Luar ) sma2 blogspot juga..thanx bgt bryan atas tutornya dan ijinkan saya untuk menuangkan kembali disini untuk membantu sesama kawan linux...hehhehe..^^ lanjut :

langsung saya ambil flashdisk saya karena didalamnya ada driver intel,sama broadcom 43xx..wah,,tapi saya belum cek dia pake apa,,langsung saya ketik
# lspci

ternyata bcm4310,,,Puji Tuhan,,drivernya pas ada...o iy,,buat kawan2 yang mau cari sendiri drivernya di web,,,nnih saya kasih langkah2 wgetnya,,,so check this out..

pertama2 intsall ndiswrapper

# yum install ndiswrapper kmod-ndiswrapper


lalu pastikan bahwa module bcm tidak terambil :

# echo 'blacklist bcm43xx' | tee -a /etc/modprobe.d/blacklist


disini kita ambil dari dell driver ( itu yang cocok )
gini cara wgetnya :

# wget http://ftp.us.dell.com/network/R174291.exe

lalu kita ekstak R174291.exe dengan cara :
# unzip R174291.exe

lalu kita masuk direktori Driver_US
# cd DRIVER_US/bcmwl5.inf

nah,,kita install driver bcmwl5.inf ( driver windows ) dengan ndiswrapper (memang linux TOP BGT)

# ndiswrapper -i bcmwl5.inf
# ndiswrapper -l
bcmwl5 : driver installed
device (14E4:4315) present

yup,,driver sudah terinstall..lalu kita modprobe
# modprobe ndiswrapper

nah,,kita cek deh di iwconfig,,sudah ada belum wlannya..
# iwconfig wlan0

wlan0 IEEE 802.11g ESSID:off/any
Mode:Managed Frequency:2.462 GHz Access Point: Not-Associated
Bit Rate:54 Mb/s Tx-Power:32 dBm
RTS thr:2347 B Fragment thr:2346 B
Encryption key:off
Power Management:off
Link Quality:0 Signal level:0 Noise level:0
Rx invalid nwid:0 Rx invalid crypt:0 Rx invalid frag:0
Tx excessive retries:0 Invalid misc:0 Missed beacon:0


wahhh,,ternyata sudah ada...sebelum melakukan reboot,,kita tulis module ke semua device dengan :
# ndiswrapper -ma


reboot dan puuffff,,,,langsung deh bisa berselancar di internet dengan wi-fi..
teman saya sangat terlihat senang,,terlihat dari raut wajahnya...dan langsung dia surfing di dunia maya...tiba2 datang 2 orang cewek cantik dan duduk di sebelah kami..selanjutnya,,,udah malam ah,,,malas ceritanya,,yang penting salah satunya bernama Vania..hahahaa..


Thanx for bryan,,,dan semua kawan2 linux tertutama FEDORA-ERS

Terus semangat dan selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia Tercinta ini..

tha2

1 comment:

agil mahendra said...

mas,,klo di f13 gmn y??cz uda ke detect tp klo tmbol'n dnyalain dianngap wifi'n disable,,tolong pncrehn'n..