Sunday, August 3, 2008

Instalasi dari Source (binary) di Fedora 9



hari ini adalah hari minggu,,,
seperti biasanya kalau hari minggu saya sudah berjanji dalam hati kalau di hari minggu saya tidak melakukan oprak-oprek... jadinya hanya chat2 ringan saja atau browsing2...hehe..^^
tetapi tetap saja tadi di YM saya ( irwin_lawrencius@yahoo.coom ( <- di add yakkk..promosi..heheh))
ada yang bertanya bagaimana cara instalasi manual di fedora dengan tidak menggunakan yum atau
rpm -ivh...
Disini saya akan share sedikit pengalaman saya dalam install..
contonya : namafile.tar.gz
masuk ke posisi root dulu :
[root@localhost ~]#

lalu ekstrak dulu kayak gini :
[root@localhost ~] # tar xzvf nama file.tar.gz

setelah itu,,masuk ke direktory fille yg tadi di ekstrak..biasanya nama foldernya sama kayak nama file ekstrak tadi,cuma ga ada tar.gz lagi... ok,,gini caranya :
# cd folder ekstrak

lalu configure tuh application..gini caranya :
folder ekstrak # ./configure

kalau uda selesai,,tingga kompilasi deh dengan cara
:
folder ekstrak # make

langkah terakhir
folder ekstrak # make install

dereenngg....pprogramnya ssudah terinstall..hehhee..
congratz..

inilah pengalaman saya,,semoga bisa membantu yak buat kawan2 fedora..

aduhh,,ga sabar nih nunggu fedora 10 : cambridge

ok,,

No comments: