Thursday, December 25, 2008

Plymouth di Fedora 10

Haloo... Sebelumnya,,selamat Natal dan Tahun Baru untuk semua yang membuka blog saya ini...
Saya mau berbagi sedikit pengalaman tentang graphical plymouth di fedora 10..
Saat pertama kali saya menginstall fedora 10,,saya sangat penasaran dengan Solar plymouth milik Fedora 10 yang sangat waahhh..( dan memang keren )..
Instalasi pun berjalan lancar,dan sampai akhirnya di suruh reboot,,langsunglah saya restart.. Dengan rasa penasaran akan melihat solar plymouth,,saya menunggu tetapi.... Apa??!! kok hanya 3 garis berwarna biru muda biru tua ama putih yang berkejar-kejaran??mana matahari biru Fedora??
langsunglah saya buka forum fedora.or.id dan disana ada thread Kumpulin Problem-problen instalasi Fedora 10 ( Waahh,,kebetulan sekali..hehehe..^^ ) langsung saya buka dan foilaaaa,,ada bro Bangguh yang memberitahukan..
Naahh,,,solusinya adalah..
kita masuk ke grub.conf lalu edit dengan text editor kesukaan anda..
$su -
#gedit /boot/grub/grub.conf


lalu tambahakan yang di cetak tebal ini di grub.conf
title Fedora (2.6.27.5-117.fc10.i686)
root (hd0,9)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.27.5-117.fc10.i686 ro root=UUID=a61c8338-e373-4389-ae00-32942185f7c2 rhgb quiet vga=792
initrd /boot/initrd-2.6.27.5-117.fc10.i686.img


apa sih vga = 792 itu?? itu adalah resolusi untuk 1024x768 dengan 24-bit warna. mau lebih jelas tentang resolusi??bisa ke sini

naahh,,restart dan voilaaaa.... solar plymouth sudah berjaalaaan di fedoraa anda...selaamatt..
o iyaa,,kalau yang mau ganti theme buat graphical plymouthnya,,gini caranya :
$su -
#yum install plymouth-plugin-{fade-in,pulser,spinfinity}


lalu :
su -
plymouth-set-default-plugin pluginname
/usr/libexec/plymouth/plymouth-update-initrd

naahh di pluginname tinggal diganti ama fade-in,pulser atau spinfinity deehhh..
hehehee...
selamat bermain-main dengan plymouth fedora andaa..
thanxx..
^^

No comments: